sumber gambar: triyadidimas.blogspot.com
Sepeda Motor bukanlah hal mewah akhir decade ini.Banyak sekali orang yang sudah menggunakannya sebagai kendaraan pribadi.
Kemanapun kita pergi Sepeda Motor selalu setia menemani. Lalu agar sepeda motor kesayangan selalu dalam keadaan prima tentu harus ada perawatan rutin.
Sepeda Motor bukanlah hal mewah akhir decade ini.Banyak sekali orang yang sudah menggunakannya sebagai kendaraan pribadi.
Kemanapun kita pergi Sepeda Motor selalu setia menemani. Lalu agar sepeda motor kesayangan selalu dalam keadaan prima tentu harus ada perawatan rutin.
Walaupun kelihatannya sepele namun jika kita
tidak rutin merawat sepeda motor bisa-bisa terjadi masalah berabe. Pernahkah kamu kebanan(baca:ban bocor) dipagi hari,atau lupa menaruh kunci motor padahal ada acara yang sangat penting . Ya kalau tempat acaranya Cuma lima langkah dari rumah,Hla kalau tempatnya jauh sampai setengan jam perjalanan,Cuma bsa gigit jari kan jadinya.hehehe
Nah sedikit tips dibawah ini mngkin bisa membantu.
1.Lakukan perawatan Rutin
Setidaknya ada tiga hal yaitu Mengganti Oli,mencuci Sepeda Motor dan servis secara berkala.
Ganti oli sepeda motor jika sudah dalam pemakaian jarak kurang lebih 2000km(bisa dicek dibawah penunjuk speedometer) atau kurang lebih satu sampai tiga bulan.Kalau sepeda motor baru biasanya
dapat oli gratis plus servis selama beberapa bulan.Sedangkan servis secara berkala bisa dilakukan juga
saat mengganti Oli sehingga tidak repot bolak-balik ke bengkel. Lalu untuk mencuci motor bisa dilakukan
minimal seminggu sekali agar kebersihan terjaga dan siap dibawa kemana-mana.
2.Back up Kunci dan Busi
Dalam dunia komputer istilah backup adalah membuat sebuah file cadangan,sehingga apabila file aslinya hilang atau rusak kita tak perlu khawatir. Nah untuk urusan Sepeda Motor mungkin yang perlu kita backup
adalah kunci kontak dan busi. Kedua barang ini sangat penting dalam urusan menghidupkan motor dan sangat perlu disediakan cadangannya untuk antisipasi kunci kontak hilang ataupun saat busi bermasalah. Lagipula untuk menduplikat kunci hanya butuh fulus 5000an,sedangkan untuk busi sekitar 15.000 rupiah,dengan catatan sertakan juga kunci pembuka busi.
3.Cek sebelum Bepergian
Sebelum sepeda motor kita gunakan,ada baiknya kita cek dulu onderdil serta kondisi onderdilnya.
Seperti rem belakang dan belakang,apakah sudah berfungsi normal? Lalu lanjut dengan mengecek
tekanan udara ban depan dan belakang,sudah pas atau belum. Lalu juga cek kondisi rantai, lampu
depan dan belakang dan seterusnya.
Segera perbaiki bila ada kerusakan atau bawa ke bengkel jika tidak bisa sebelum tambah parah.
Tips manteff yang saya kutip dari majalah Switch Honda edisi 8 ini juga patut dicoba:
>>PERIKSA OLI
Oli adalah sesuatu yang wajib diperhatikan, karena keberadaannya menyangkut komponen-komponen krusial lain seperti Seher, Ring seher, Piston, kruk as, noken as dan katup.
makanya kalau nggak segera diganti nanti bisa berakibat fatal.
Ganti oli jika warnanya sudah pekat, biasanya ini sebulan sekali. Apabila ada kebocoran, mending langsung dibawa ke bengkel supaya packing-packing mesin bisa diperiksa, atau kemungkinan diganti.
>>CEK KONDISI AKI
Kalau kata orang tua, mending yang pas-pasan aja daripada kurang atau lebih. Sama halnya dengan aki, selalu pastikan kondisi airnya nggak melebihi atau kurang dari batas yang ditentukan.
Jangan lupa untuk memeriksa bagian kutub-kutubnya. Jika diantaranya mengeluarkan serbuk, berarti aki mulai melemah.Segera aja dibersihkan pakai sikat kawat. Apabila lampu mulai redup dan starter mulai agah-ogahan, tandanya si aki kudu du strum atau diganti.
>>BUSI PLUS KABEL OIL
Apa hubungan antara keduanya ini? Jelas kabel oil ini adalah penghubung untuk busi. Jika kabel sudah mulai mengeras atau timbul retak-retak, mending segera diganti dengan yang baru.Busi pun menjadi nyawa penting dalam motor. Segera periksa keadaannya, kalau ujungnya menghitam cukup dibersihkan dengan amplas halus supaya kembali seperti semula.
>>TEKANAN BAN DAN KARET CVT
Memerikasa keadaan ban juga wajib hukumnya. Nggak mau kan kena sial ban bocor saat perjalanan? Perhatikan tekanan pada ban. Lagi-lagi, jangan kelebihan atau kekurangan tekanan, bisa-bisa kembang ban malah cepat rusak. Karet CVT Harus diperikas, apakah masih elastis atau sudah longgar dan retak? Jika begitu, ada baiknya diganti Karena akan membahayakan saat kita mengendarainya.
>>WARMING UP MESIN
Yes, warming up alias pemanasan. Sama saja kayak bodi kita, mesin pun perlu dipanaskan sebelum mereka melakukan aktivitas. Nah, waktu yang pas untuk memasaskan adalah 1-2 menit. Kenapa harus dipanaskan? Ini supaya peredaran oli bisa mencapai ke seluruh bagian mesin.Proses pemanasan ini pun jangan terlalu lama, karena bisa menyebabkan pemborosan pada bensin dan membuat pipa knalpot menguning.
Selamat mencoba,semoga Bermafaat
tidak rutin merawat sepeda motor bisa-bisa terjadi masalah berabe. Pernahkah kamu kebanan(baca:ban bocor) dipagi hari,atau lupa menaruh kunci motor padahal ada acara yang sangat penting . Ya kalau tempat acaranya Cuma lima langkah dari rumah,Hla kalau tempatnya jauh sampai setengan jam perjalanan,Cuma bsa gigit jari kan jadinya.hehehe
Nah sedikit tips dibawah ini mngkin bisa membantu.
1.Lakukan perawatan Rutin
Setidaknya ada tiga hal yaitu Mengganti Oli,mencuci Sepeda Motor dan servis secara berkala.
Ganti oli sepeda motor jika sudah dalam pemakaian jarak kurang lebih 2000km(bisa dicek dibawah penunjuk speedometer) atau kurang lebih satu sampai tiga bulan.Kalau sepeda motor baru biasanya
dapat oli gratis plus servis selama beberapa bulan.Sedangkan servis secara berkala bisa dilakukan juga
saat mengganti Oli sehingga tidak repot bolak-balik ke bengkel. Lalu untuk mencuci motor bisa dilakukan
minimal seminggu sekali agar kebersihan terjaga dan siap dibawa kemana-mana.
2.Back up Kunci dan Busi
Dalam dunia komputer istilah backup adalah membuat sebuah file cadangan,sehingga apabila file aslinya hilang atau rusak kita tak perlu khawatir. Nah untuk urusan Sepeda Motor mungkin yang perlu kita backup
adalah kunci kontak dan busi. Kedua barang ini sangat penting dalam urusan menghidupkan motor dan sangat perlu disediakan cadangannya untuk antisipasi kunci kontak hilang ataupun saat busi bermasalah. Lagipula untuk menduplikat kunci hanya butuh fulus 5000an,sedangkan untuk busi sekitar 15.000 rupiah,dengan catatan sertakan juga kunci pembuka busi.
3.Cek sebelum Bepergian
Sebelum sepeda motor kita gunakan,ada baiknya kita cek dulu onderdil serta kondisi onderdilnya.
Seperti rem belakang dan belakang,apakah sudah berfungsi normal? Lalu lanjut dengan mengecek
tekanan udara ban depan dan belakang,sudah pas atau belum. Lalu juga cek kondisi rantai, lampu
depan dan belakang dan seterusnya.
Segera perbaiki bila ada kerusakan atau bawa ke bengkel jika tidak bisa sebelum tambah parah.
Tips manteff yang saya kutip dari majalah Switch Honda edisi 8 ini juga patut dicoba:
>>PERIKSA OLI
Oli adalah sesuatu yang wajib diperhatikan, karena keberadaannya menyangkut komponen-komponen krusial lain seperti Seher, Ring seher, Piston, kruk as, noken as dan katup.
makanya kalau nggak segera diganti nanti bisa berakibat fatal.
Ganti oli jika warnanya sudah pekat, biasanya ini sebulan sekali. Apabila ada kebocoran, mending langsung dibawa ke bengkel supaya packing-packing mesin bisa diperiksa, atau kemungkinan diganti.
>>CEK KONDISI AKI
Kalau kata orang tua, mending yang pas-pasan aja daripada kurang atau lebih. Sama halnya dengan aki, selalu pastikan kondisi airnya nggak melebihi atau kurang dari batas yang ditentukan.
Jangan lupa untuk memeriksa bagian kutub-kutubnya. Jika diantaranya mengeluarkan serbuk, berarti aki mulai melemah.Segera aja dibersihkan pakai sikat kawat. Apabila lampu mulai redup dan starter mulai agah-ogahan, tandanya si aki kudu du strum atau diganti.
>>BUSI PLUS KABEL OIL
Apa hubungan antara keduanya ini? Jelas kabel oil ini adalah penghubung untuk busi. Jika kabel sudah mulai mengeras atau timbul retak-retak, mending segera diganti dengan yang baru.Busi pun menjadi nyawa penting dalam motor. Segera periksa keadaannya, kalau ujungnya menghitam cukup dibersihkan dengan amplas halus supaya kembali seperti semula.
>>TEKANAN BAN DAN KARET CVT
Memerikasa keadaan ban juga wajib hukumnya. Nggak mau kan kena sial ban bocor saat perjalanan? Perhatikan tekanan pada ban. Lagi-lagi, jangan kelebihan atau kekurangan tekanan, bisa-bisa kembang ban malah cepat rusak. Karet CVT Harus diperikas, apakah masih elastis atau sudah longgar dan retak? Jika begitu, ada baiknya diganti Karena akan membahayakan saat kita mengendarainya.
>>WARMING UP MESIN
Yes, warming up alias pemanasan. Sama saja kayak bodi kita, mesin pun perlu dipanaskan sebelum mereka melakukan aktivitas. Nah, waktu yang pas untuk memasaskan adalah 1-2 menit. Kenapa harus dipanaskan? Ini supaya peredaran oli bisa mencapai ke seluruh bagian mesin.Proses pemanasan ini pun jangan terlalu lama, karena bisa menyebabkan pemborosan pada bensin dan membuat pipa knalpot menguning.
Selamat mencoba,semoga Bermafaat
Proses pemanasan memang ga boleh terlalu lama, cukup mengedarkan oli doang. Tapi tetangga saya kebiasaan manasin motor sampe 30 menit pagi2, bikin berisik aja. :D
Wah kurang kerjaan tuh orang..
sudah ngganggu tetangga plus buang-buang bensin pula :)